Ketua DPP AJOI Tegaskan DPD Jawa Barat Harus Segera Dibentuk

Musda I DPD AJO Provinsi Riau di Baliview Simpang Tiga, Pekan Baru, Provinsi Riau, Minggu (15/4/2018)./Foto: via jabarpublisher.com

Musda I DPD AJO Provinsi Riau di Baliview Simpang Tiga, Pekan Baru, Provinsi Riau, Minggu (15/4/2018)./Foto: via jabarpublisher.com

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika membuka agenda Musda I di Baliview Simpang Tiga, Pekan Baru, Provinsi Riau, Minggu (15/4/2018) kemarin. Acara ini diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Riau.

Seperti dilansir dari situs jabarpublisher.com, dalam sambutannya, Rival mengatakan, media online yang tergabung di AJO Indonesia diharapkan mampu menyajikan berita yang tidak sekadar aktual dan faktual, tapi juga bernilai dan mempunyai dampak konstruktif.

Dengan tegas dikatakannya bahwa berita-berita hoax atau fake news (berita palsu) dan yellow journalism dapat merusak dan mengoyak nilai-nilai kebangsaan. “Selain wadah komunikasi, AJO juga akan bersama-sama mengawasi media-media online yang menjadi anggota AJO. Jadi misal ada media yang memberitakan hoax atau fake tentu akan kami tindak,” kata Rival.

Selain dari sisi konten berita, AJO juga bisa dijadikan wadah diskusi untuk meningkatkan kualitas media online. Misalnya mengenai konsep SEO yang menjadi hal penting bagi ruh media online. “Saya tak pernah meragukan kemampuan dan pemahaman jurnalistik teman-teman media yang hadir hari ini, Namun yang harus disadari, kita ada dalam era industri 4.0, era ini menuntut kita merubah paradigma dan pola pikir jurnalis konvensional ke dunia digital,” jelas Rival.

Baca juga: Salah Satu Media Online di Karawang Akan Dilaoprkan ke Dewan Pers dan Polda Metro, oleh Ketua FKKBK

Arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, para pelaku media online yang berada dalam industri digital harus memiliki pemahaman yang mumpuni tentang industri digital itu sendiri, paham SEO, mengerti apa itu Digital Marketing, untuk mengembangkan media online.

Sementara itu, Menurut Ketua DPD AJO Indonesia Riau  Alexander Pranoto melalui Sekretaris DPD AJO Indonesia Riau Puncak menjelaskan bahwa Musda DPD AJO Indonesia Riau ini diharapkan seluruh pelaku di bisnis media siber yang tergabung ke AJO Indonesia Provonsi Riau baik itu pemilik, redaksional dan wartawannya mengutamakan independensi sebagai wartawan dalam menjalankan tupoksinya. “Dengan hadirnya AJO Indonesia diharapkan mampu melahirkan jurnalis yang handal dan profesional sebagai pilar keempat di bangsa dan negara ini, khususnya di Riau,” kata Puncak.

Usai acara, saat dikonfirmasi Jabarpublisher, Ketua DPP AJOI kembali menegaskan, bahwa setelah DPD Riau terbentuk dalam waktu dekat akan segera hadir DPD Jawa Barat, dan beberapa wilayah lainnya. “Saya kira Jawa Barat itu harus segera dibentuk. Kita sudah menunjuk steering committee untuk di Jawa Barat. Semoga dalam waktu dekat bisa segera membentuk organizing commitee dan membentuk kepengurusan,” katanya seraya menambahkan bahwa AJO Indonesia akan terus memperluas kepengurusan tingkat DPD di provinsi-provinsi lain.

(rls/nan/jp/pojokjabar)


loading...

Feeds

Eks Presiden Korsel Terancam Mati di Bui

Eks Presiden Korsel Terancam Mati di Bui

Park Geun-hye kemungkinan besar bakal menghabiskan seluruh sisa umurnya di balik jeruji besi. Kemarin (20/7/2018) Pengadilan Distrik Pusat Seoul menjatuhkan …