Dalam Tiga Bulan 1.671 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Jabar

Kecelakaan bus di Tanjakan Emen, Subang (istimewa)

Kecelakaan bus di Tanjakan Emen, Subang (istimewa)

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Dalam kurun triwulan terakhir, setidaknya 1671 kecelakaan lalu lintas terjadi di Jawa Barat (Jabar). Sebanyak 34 titik rawan kecelakaan tersebar di wilayah Jabar.

Dua rentetan kecelakaan darat telah terjadi di Jabar pada bulan Februari 2018 ini, seperti kecelakaan yang terjadi pada Sabtu (17/2/18) lalu yakni kecelakaan yang melibatkan tiga jenis kendaraan diantaranya angkutan umum jenis bus dengan mobil dan motor di Jalan Raya Rajamandala, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Akibatnya satu orang meninggal dunia, empat orang luka berat dan dua orang luka ringan. Sebelumnya juga, sebuah bus pariwisata yang mengangkut rombongan koperasi dari Tangerang Selatan, mengalami kecelakaan dan terguling di Tanjakan Emen, Kampung Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (10/2/18).

Bus terbalik dan terguling ke arah kiri lalu menabrak sepeda motor yang sedang melintas.Sebanyak 27 orang tewas
dalam peristiwa naas tersebut. Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Hari Suprapto menerangkan, wilayah Jabar memiliki 34 titik rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai.

Titik-titik zona rawan tersebut tersebar di jalur utara, tengah dan selatan. “34 titik ini merupakan hasil pemetaan Polda Jabar sejak tahun 2017 lalu,” terangnya saat dihubungi koran ini, Minggu (18/2).

Ia menjelaskan, rincian area rawan kecelakaan lalu lintas di jalur utara, barat, selatan dan timur (selengkapnya lihat grafis). “Untuk jalur utara ada 16 titik, jalur tengah sembilan titik dan jalur selatan sembilan titik,” jelasnya.

Hari mengungkapkan, ratarata ada kurang lebih 20 kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah Jabar dan kurang lebih lima orang meninggal dunia setiap harinya karena kecelakaan tersebut.

“Yang paling banyak di jalur pantura kemudian di daerah selatan Jabar,” ungkapnya.

Penyebabnya menurut Hari adalah adanya beberapa jalur arteri yang ada di titik-titik tersebut. Jalur arteri adalah sebuah jalan perkotaan dengan kapasitas tinggi.


loading...

Feeds

ilustrasi

Mayat tanpa Identitas Gegerkan Warga Beberan

POJOKJABAR.com, CIREBON– Mayat tanpa identitas berjenis kelamin laki-laki menggerkan warga desa Beberan, Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, Minggu (24/6/18). …
Di Balik Sidak Sekda Kabupaten Bekasi

Di Balik Sidak Sekda Kabupaten Bekasi

SEJUMLAH organisasi perangkat daerah (OPD) disidak oleh Sekda Kabupaten Bekasi Uju pada Jumat (22/6/2018). Ia membeberkan sejumlah alasan di balik …