Polisi: Kami Tidak Boleh Main Tabrak Pabrik Pencemar Citarum

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto./Foto: Istimewa

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Agung Budi Maryoto./Foto: Istimewa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Hasil survey tanggal 17-23 Januari 2018 lalu menunjukkan bahwa sebanyak 31 perusahaan atau industri diduga kuat membuang limbahnya langsung ke sungai.

Survey ini dilakukan oleh Tim Survei Citarum.

Tim ini terdiri dari gabungan jajaran Kodam III Siliwangi, Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, pegiat lingkungan, relawan dan instansi terkait lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, hasil dari tim survei program Citarum Harum yang menemukan 31 Industri yang membuang limbahnya ke sungai itu harus ditindaklanjuti dengan fakta yuridis.

Karena kalau hanya fakta sosial itu tidak bisa diajukan ke wilayah pengadilan, sehingga tentu fakta yuridislah yang tentu menjadi dasar dalam menindaklanjuti pabrik yang membuang limbahnya ke sungai.

Baca juga: DLH: Citarum Harum Jadi Janji Calon Gubernur dan Wakil Gubernur

“Prinsipnya saya terima kasih dengan fakta itu tapi kita akan datang ke sana mengecek karena harus yakin misalkan bahwa pabrik tersebut membuang limbah di sana,” kata Agung saat ditemui dalam kegiatan Rapim TNI-Polri di Graha Tirta Bandung, Selasa (30/1).

Sehingga nantinya, Polri dengan dibantu oleh penyidik dari Kementerian Lingkungan akan turun bersama-sama untuk menindaklanjuti pabrik-pabrik tersebut.


loading...

Feeds