Pembangunan Tunnel Kembar Tol Cisumdawu 4 Tuntas Juni 2018

MENGECEK: Iwa Karniwa mengecek progres pembangunan terowongan kembar Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 472 meter. Ist

MENGECEK: Iwa Karniwa mengecek progres pembangunan terowongan kembar Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 472 meter. Ist

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemprov Jabar menggenjot proses pembangunan terowongan kembar Tol Cileunyi-Sumedang- Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 472 meter. Proyek yang disebut sebagai tahapan paling sulit itu ditargetkan tuntas Juni 2018.

“Satuan kerja khusus untuk Tol Cisumdawu yang mengampu proyek di seksi 1 dan 2 tengah menggejot penuntasan terowongan, agar seksi untuk Rancakalong-Sumedang selesai 2019,” ujar Sekda Jabar, Iwa Karniwa saat dihubungi, Rabu (10/1/18).

Ia menjelaskan, progres seksi 2 fase I Rancakalong-Ciherang sudah tuntas 100% Agustus 2017 lalu. Untuk seksi II fase II Ciherang-Sumedang masih ada pembebasan lahan dan penuntasan twin tunnel.

Iwa mengurai untuk seksi 2 fase II saat ini progres fisiknya baru mencapai 25,78% atau mengalami deviasi 4,33% dari target 21,45% yang dibebankan hingga awal 2018. Sementara lahan yang terbebaskan baru mencapai 75,44% dari kebutuhan fase sepanjang 10,70 kilometer ini.

“Sisa lahan di 3 desa masih dalam proses apraisal, musyawarah dan pembayaran,” katanya.

Di fase II pun masih ada pergantian lahan milik TNI berupa jalan yang masih berproses juga alih status lahan SPMA menunggu rekomendasi lahan pengganti dari Pemprov Jabar. Ia mengaku menugaskan BPKAD progres pengalihan dipercepat, agar pengadaan lahan fase ini selesai seluruhnya Desember 2018.

Dengan anggaran kontrak sebesar Rp3,48,triliun, fase ini sudah menunjukan kinerja cepat. Tunnel sebelah kiri arah Sumedang sudah masuk 213 meter, sedangkan untuk sebelah kanan arah Cileunyi sudah masuk 155 meter. Tahap itu ditargetkan selesai bulan Juni.


loading...

Feeds

Rahmat Effendi-Tri Adhianto

Ini Program 100 Hari Kerja Rahmat-Tri

Kepala daerah terpilih periode 2018-2023 hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto Tjahyono, telah menyusun …