Atasi Permasalahan Sampah, Pemkot Cimahi Cari Lahan TPS

Sampah di Cimahi (Ilustrasi)

Sampah di Cimahi (Ilustrasi)

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Permasalahan mengenai sampah di lingkungan masyarakat seakan tak ada habisnya. Sejauh ini, sampah merupakan salah satu dari sekian banyak masalah sosial yang dihadapi masyarakat di tiap daerah, terutama daerah yang padat penduduk.

Di Kota Cimahi, dengan luas wilayah 48,42 km², tentunya sampah akan mudah dijumpai sebab, daerah yang padat pendududuknya pasti menghasilkan sampah yang begitu banyak.

Peningkatan volume sampah pun terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Pada tahun 2016, rata-rata menghasilkan seberat 40 ton sampah per hari. Sementara di tahun 2017 peningkatan volume sampah mencapai 160 ton per harinya.

Sejauh ini, sampah dapat membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan apabila tidak dapat ditanggulangi dengan baik. Namun, dalam hal penanganan sampah masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa, setiap harinya akan terjadi penumpukan sampah baik sampah yang organik (sampah yang dapat diuraikan) maupun anorganik (sampah yang tidak dapat diuraikan).

Untuk menekan volume sampah, tahun 2018 ini Pemerintah Kota Cimahi sedang berupaya mencari lahan yang akan dijadikan Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Djani Ahmad Nurjani, menjelaskan, TPS 3R merupakan program pengolahan sampah di kawasan padat penduduk sebagai upaya pengolahan sampah mandiri dari masyarakat sebelum sisa residu sampah akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).


loading...

Feeds