Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

Ilustrasi PJU.

Ilustrasi PJU.

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak 367 titik dan 108 titik PJU yang direvitalisasi. Harga untuk setiap titik PJU baru dan revitalisasi mencapai Rp12.000.000.

Endang, Kepala Bidang Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi mengatakan, titik pemasangan berlokasi di Jalan Kebon Kopi, Jalan Rancabentang, Jalan Sangkuriang, Jalan Djulaeha Karmita, Jalan Ria, Jalan Jati Serut, Jalan Babakan Loa, Jalan Ciawitali, Jalan Sangkuriang Barat, Jalan Cipageran, Jalan Puri Cipageran dan Jalan Kamarung.

“Kami juga berencana membangun di dua jalan yang dianggarkan di APBD Perubahan yaitu Jalan Lurah dan Jalan Cireundeu,” katanya.

Meski begitu, diakuinya jumlah PJU yang telah tersedia saat ini masihlah belum ideal. Dengan demikian, pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp8.856.000.000 untuk membangun 738 titik PJU. Diharapkan, penambahan baru PJU itu akan memberikan kenyamanan terhadap warga pengguna jalan.

Menurutnya, salah satu fungsi dan manfaat dari PJU adalah untuk keamanan, khususnya pada daerah yang mendapat penerangan. Dengan adanya Penerangan Jalan Umum ini maka diharapkan tingkat kriminal yang sering terjadi di jalanan yang daerahnya masih gelap, akan bisa berkurang.

Selain itu juga diharapkan lingkungan disekitar PJU terbebas dari tindakan kriminal yang biasanya dilakukan pada daerah dan tempat -tempat yang sepi dan gelap atau kurang adanya penerangan lampu.

Berdasarkan data Bidang Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi, baru 6.562 PJU dan PJL yang terpasang. Sementara jumlah ideal yang dibutuhkan ialah sebanyak 7.300 titik.

“Jumlah PJU dan PJL ideal di Kota Cimahi itu dibutuhkan 7.300 titik. Artinya, jumlah titik baru yang harus dibangun itu sebanyak 738,” pungkasnya.

(RBD/gat/pojokjabar)


loading...

Feeds

Suspect Difteri

5 Warga Bekasi Suspect Difteri

Penderita Difteri di Kota Bekasi bertambah. 5 orang dinyatakan positif suspect penyakit mematikan itu. Kelimanya berada di sejumlah rumah sakit …