Jatah 500 Ribu Blanko E-KTP untuk Jawa Barat Masih Kurang

Ilustrasi blangko e-KTP .

Ilustrasi blangko e-KTP .

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Provinsi Jawa Barat mendapatkan kuota blanko e-KTP kurang lebih 500 ribu keping dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Rencananya, blanko tersebut bakal dibagikan secara prioritas untuk kota dan kabupaten sesuai dengan jumlah persentase penduduk terbanyak.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Disdukcapil Provinsi Jabar, Abas Basari. Kata dia, pihaknya mendapat informasi bahwa pengadaan blanko e-KTP sudah tersedia sebanyak 7 juta keping untuk disebar ke seluruh Indonesia. Namun, berdasar hitung-hitung Provinsi Jabar hanya mendapatkan sekitar 500 ribu blanko.

“Jika dilihat dari keperluan memang kurang. Namun, jika dari segi pengadaan, Jabar bisa dibilang menjadi provinsi prioritas karena jumlah penduduk terbanyak,” ucapnya saat ditemui di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Jalan Diponogoro, Kota Bandung, kemarin.

Menurut Abas, jika Jabar mendapatkan 500 e-blanko artinya harus dibagi ke 27 kabupaten dan kota. Meski begitu, sambung dia, jumlah tersebut tidak akan dipukul rata setiap daerah lantaran semuanya dibagi dengan jumlah yang harus dicetak berdasarkan persentase.

“Kan ada daerah yang hampir semua mendapat e-KTP ada juga yang belum. Semua di hitung dari jumlah print record data,” terangnya.

Ia menuturkan, kemungkinan besar beberapa daerah seperti Kota/ Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung itu akan mendapat lebih banyak balngko e-KTP. Pasalnya, jumlah PRR (orang yang baru berhak mendapat KTP) lebih banyak sehingga kebutuhan blanko pun mendesak lebih banyak.



loading...

Feeds