Kejari Cimahi Awasi Pembangunan RSUD Cibabat

Ilustrasi Pembangunan RSUD.

Ilustrasi Pembangunan RSUD.

POJOKJABAR.com, CIMAHI- Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi menurunkan Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D), untuk mengawasi apabila terjadi tindak pidana korupsi pembangunan Gedung C Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

Kepala Kejari Cimahi, Harjo mengungkapkan, dalam lanjutan pembangunan selain TP4D ada juga konsultan pengawas yang mengawasinya. Menurut Harjo, TP4D hanya mendorong agar pelaksana mentaati peraturan undang-undang.

“Intinya untuk masalah teknis kita tidak boleh ikut campur tangan, sebab itu urusan pelaksana kontraktor dengan konsultan pengawas,” katanya.

Harjo menjelaskan, pengawasan mulai dari pelaksanaan, penyerapan anggaran atau mungkin termasuk konsultan pengawas sebagai pengawas. Namun demikian, Harjo mengatakan, pihaknya, tidak boleh terlalu proaktif tetapi hanya mengarahkan kontraktor dengan mewarning supaya pembangunannya sesuai dengan kualitas drap yang dirancangan.

“Silahkan kontraktor mencari untung tapi jangan mengambil kualitas atau mengurangi kualitas. Jadi termasuk TP4D mendampingi supaya dalam perencanaan dan pelaksanaan tidak ada penyimpangan secara hukum,” jelasnya.

Dia menyebutkan, sebelumnya sudah ditetapkan ULP (pelaksana pengadaan) yang harus bekerja netral atau tidak memihak kemana pun juga. Selain itu, ia juga meminta semua instansi yang terlibat dalam proyek pembangunan RSUD, untuk tidak tergiur dengan titipan.



loading...

Feeds