70 Persen Penduduk Indonesia Jadi Peserta BPJS

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengapresiasi keikutsertaan masyarakat terhadap program JKN-KIS. Hingga saat ini, masyrakat yang ikut kepersertaan program tersebut mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia.

Hal itu diungkapkan, Staf Ahli Bidang Komunikasi Publik dan Partisipasi Masyarakat BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, saat membuka kegiatan Media Gathering BPJS Kesehatan di Bandung (14/9/2017). Menurut dia, program JKN-KIS berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program itu membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

“Kami bersyukur partisipasi masyarakat terhadap jaminan kesehatan terus berkembang,” ucapnya kepada wartwan.

Diungkapkan Irfan, berdasarkan laporan audited akhir 2016 secara tidak langsung memberikan gambaran program JKN-KIS bisa dirasakan masyarakat. Sebab, pemanfataan kartu BPJS Kesehatan di 2016 jumlahnya mencapai 177,8 juta kunjungan ke fasilitas kesehatan.

Angka kunjungan tersebut terus meningkat sejak 2014 dimana jumlahnya sebanyak 92,3 juta. Kemudian, pada 2015 sebanyak 146,7 juta. Sedangkan, total pemanfaatan di 2016 ini terdiri dari kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan mencapai sekitar 120,9 juta kunjungan, untuk rawat jalan di poliklinik dan rumah sakit sebanyak 49,3 juta, dan rawat inap 7,6 juta.



loading...

Feeds

ilustrasi

Tips Jadi Pemuda Mandiri ala IEC

Jadi pemuda yang mandiri jadi dambaan banyak orang. Bukan hanya mandiri dalam keuangan, namun secara mental dan spiritual pun demikian.
PEDULI: Siswa SD Insan Kamil membentangkan poster mengecam tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya sekaligus melakukan penggalangan dana, Sabtu (23/9/17) akhir pekan lalu.

SD Insan Kamil Bogor Peduli Rohingya

Tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya di Myanmar telah menyeret simpati dari seluruh penjuru dunia. Aksi kepedulian dilakukan dengan berbagai cara. …