Pembangunan Depo Sampah di Kabupaten Bandung Terkendala Lahan

Sampah terlihat menggunung di depan pasar Bale Endah, Soreang, Kabupaten Bandung

Sampah terlihat menggunung di depan pasar Bale Endah, Soreang, Kabupaten Bandung

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Sehubungan dengan wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung yang akan merealisasikan 4 depo untuk transit penampungan sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung sebutkan jika terkait depo masih terkendala permasalahan lahan di tiga tempat.

Inisiatif Pemkab Bandung merencanakan depo tersebut dengan alasan untuk mengatasi kebiasan masyarakat yang menganggap lahan kosong adalah tempat lazim untuk dijadikan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Padahal seolah yang dianggap solusi itu hanya akan menambah permasalahan baru, seperti timbulnya bau tidak sedap.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, Asep Kusumah mengatakan pembangunan masih terkendala di tiga tempat. Namun untuk salah satu tempat yaitu Kecamatan Majalaya terlihat sudah tidak mengalami permasalahan lahan dan siap didirikan di 2018 yang akan datang.

“Lahan di Majalaya sudah memenuhi beberapa kriteria, salah satunya jauh dengan pemukiman warga,” kata Asep saat dihubungi via sambungan telpon, kemarin (15/9).

Dengan adanya 4 depo sampah tersebut, Asep pun menyebutkan jika pengangkutan sampah yang biasa dilakukan dalam satu kali perjalanan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat ini ditransit terlebih dahulu di depo dan akan dilanjutkan menggunakan truk container dengan kapasitas lebih besar daripada menggunakan dum truk.


loading...

Feeds