Dua Puskesmas di Kabupaten Bandung Barat Ini Segera Beroprasi

uskesmas di Cibodas memasuki tahap akhir pembangunan untuk segera dapat digunakan, di Lembang

uskesmas di Cibodas memasuki tahap akhir pembangunan untuk segera dapat digunakan, di Lembang

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Pembangunan dua puskesmas Cibodas dan Cipatat merupakan salah satu realisasi program ‘Cermat’ dibidang kesehatan dan peningkatan sarana dan prasarana yang sesuai Permenkes No 75 Tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat.

“Diperkirakan telah mencapai 90% Puskesmas di KBB yang sesuai stndar permenkes, termasuk dua Puskemas Cipatat, Cibodas yang sedang tahap proses pekerjaan,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan KBB, Hermawan Widjajanto, di Ngamprah.

Dengan peningkatan sarana ini, katanya, merupakan syarat standar kesehatan untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

“Salah satu pelayanan masyarakat yang baik dan meningkat, itu ada pemenuhan sarana dan prasrana, termasuk ada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM),” jelasnya.

Selain peningkatan sarana dan prasarana, kata Hernawan, SDM nya juga harus ditingkatkan dengan kompetensi, seperti, pelatihan peningkatan kemampuan penanganan kegawat daruratan medis dan peningkatan kemampuan kegawat daruratan dasar. “Itu semuanya sudah kita lakukan dan berkelanjutan,” pungkas Hernawan.

Sementara itu, Maman Hidayat Resmana, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), menerangkan, kondisi pekerjaan Puskesmas Cibodas, saat ini sudah mencapai 90%. Sedangkan kondisi pekerjaan Puskesmas Cipatat baru mencapai 40%, karena, surat pelaksanaan kerja ( SPK) mundur.

“Dari 32 puskesmas di 16 kecamatan yang ada, kira-kira telah mencapai 90% yang telah sesuai standara Permenkes,” sebutnya.

Ada empat puskemas lagi yang masih di bawah standar, rencana di tahun 2018 bisa ditingkatkan standarnya, sesuai anggaran yang tersedia.

Bupati Bandung Barat Abubakar terus merealisasikan berbagai program cermat. Selain infrastruktur jalan, fasilitas pendidikan dan keagamaan. Abubakar juga mengoptimalkan infrastruktur di bidang kesehatan.

Infrastruktur kesehatan, selain Rumah Sakit Cililin dan Cikalong yang saat ini sedang dalam tahap proses pekerjaan, Pemerintah KBB melalui Dinas Kesehatan juga sedang membangun dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), di antaranya Puskesmas Kecamatan Cipatat dan Puskesmas Cibodas Lembang.

Dua puskesmas tersebut mendapat suntikan dana dari Dana Alokasi Khuaus (DAK) Tahun 2017 Rp 1,6 miliar untuk Puskesmas Kecamatan Cipatat dan Rp 1,8 miliar Puskesmas Cibodas Kecamatan Lembang.

(bie)


loading...

Feeds