Dishub Kota Bandung Pasang CCTV di Ratusan Titik Persimpangan Persimpangan

Tilang E-CCTV (Ilustrasi)

Tilang E-CCTV (Ilustrasi)

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali memaksimalkan kesadaran untuk pengguna jalan dengan cara menanfaatkan Closed Circuit Television (CCTV) yang tersebar di 150 titik persimpangan di jalan di Kota Bandung.

Kepala Bidang (Kabid) Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengungkapkan, dengan cara menafaatkan CCTV disetiap persimpangan jalan diharapkan setiap pengendara sadar akan berlalu-lintas.

“Apalagi pengendara yang melanggar lalau-lintas bisa langsung dipantau,” ucapnya, Selasa (12/9).

Dudy mengungkapkan, jika ada pengendara yang melanggar terutama melewati garis saat lampu merah, maka akan mendapat teguran langsung dari operator. Selain itu, jika ada pengendara sepeda motor yang melakukan pelangaran lainnya seperti tidak menggun akan helm akan diimbau agar turun dari sepeda motor.

“Program ini sudah lama kami lakukan, tapi kali ini kami tingkatkan kembali,” jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang ada kebanyakan pelanggar merupakan sepeda motor dengan problem masalah seperti berhenti di garis zebra cros.

“Kami harus memaksimalkan sarana ini demi keselamatan pengendara juga,” jelasnya.

Terkait sanksi, kata dia, pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Sebab, sejauh ini yang memiliki wewenang untuk menindak berupa tilang adalah aparat kepolisian.

Dudy berharap, kedepannya pemanfaatan CCTV bisa dibarengi dengan kesadaran pengguna jalan untuk tetap tertib berlalu-lintas.

“Dari 150 CCTVada 40 camera pengintai yang sibuk karena letaknya di beberapa ruas jalan yang padat,” pungkasnya.

(nda)


loading...

Feeds