Dalam Setahun buat 300 STNK Palsu, Para Pelaku Rugikan Negara Ratusan Miliar

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Subdit I Dit Res Krimum Polda Jabar berhasil membongkar sindikat pemalsuan STNK motor gede (moge) dan mobil Eropa. Pasalnya, perbuatan itu telah merugikan negara hingga ratusan miliar, karena dalam setahun mampu mencetak 300 Surat Tanda Nomor Kendaraan.

Dit Reskrimum Polda Jabar, Kombes Pol Umar Surya Fana menjelaskan, aksi kejahatan pelaku yakni SJ, UD dan UR telah merugikan pendapatan pajak negara. Saat ini, jajaran kepolisian terus mengembangkan kasus tersebut karena diduga kerugian negara bisa lebih besar lagi.

“Bahkan kerugiannya bisa lebih dari ratusan miliar. Sindikat ini mampu mencetak tiap pesanan, satu hingga dua hari, dengan harga pemesanan Rp 5 juta sampai Rp 6 juta,” ucapnya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Selasa (12/9/2017).

Kata dia, jumlah kerugian dari aksi para pelaku itu bukan hanya sekadar prediksi melainkan data yang diperoleh penyidik dari para tersangka.

Dalam satu tahunnya, sindikat ini mampu mencetak 300 STNK palsu. Adapun cara kerja sindikat ini, SJ diketahui sebagai koordinator setiap pemesan, mengajukan permintaan untuk pembuatan STNK palsu kepada UD. Kemudian, UD menghubungi UR untuk membuat STNK tersebut. Dalam dua hari saja, STNK palsu tersebut telah jadi.

“Ini STNK, cukup mirip, namun salah satu kekurangannya, tidak adanya logo tribrata dalam STNK itu. Bahan kertasnya juga beda,” ungkapnya.


loading...

Feeds