Para Ahli Cermati Bahaya Patahan Lembang

Salah satu wilayah di Lembang, Kabupaten Banaung barat yang dilewati patahan Lembang

Salah satu wilayah di Lembang, Kabupaten Banaung barat yang dilewati patahan Lembang

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Gunung Batu di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat tak hanya dikenal sebagai tempat pendakian yang menantang dan areal perkemahan favorit. Namun selain itu, gunung dengan relief lava yang indah ini juga menjadi salah satu bukti keberadaan Patahan Lembang.

Di puncak gunung setinggi 1.336 meter di atas permukaan laut ini, pengunjung bisa melayangkan pandangan ke sejumlah gunung yang mengelilingi wilayah Bandung. Di antaranya Gunung Tangkubanparahu, Papandayan, Malabar, Burangrang, dan Bukittunggul. Dari puncak ini juga, garis Patahan Lembang berupa lereng yang terjal terlihat jelas di arah timur yang berujung di Gunung Palasari dengan latar belakang Gunung Manglayang.

Gunung batu memang tempat paling populer di sepanjang Patahan Lembang yang terbentang sepanjang 22 km dari Gunung Palasari di Lembang hingga ke Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini merupakan batuan bekas lava Gunung Sunda yang terbentuk lebih dari 500.000 tahun yang lalu.

Jika menelusuri proses pembentukannya, Gunung Batu dihasilkan dari letusan Gunung Sunda yang menyebabkan kekosongan pada kantung-kantung magma di sekitar Lembang. Hal itu mengakibatkan lempengan bumi patah menjadi dua bagian. Bagian sebelah utara bergerak turun, sementara bagian selatan terangkat. Gunung Batu merupakan bagian yang terangkat.


loading...

Feeds