Cegah Tindakan Kekerasan Terhadap Anak, Perda Perlindungan Anak Diaplikasikan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Kekerasan terhadap anak merupakan suatu tindakan yang dapat mengakibatkan degradasi mental. Oleh karena itu, untuk mencegah meningkatnya angka kekerasan terhadap anak, Pemerintah Daerah Kota Cimahi sudah mengaplikasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak.

Dalam Perda tersebut, di antaranya Pemerintah harus mencegah, mengurangi dan menangani anak yang menjadi korban tindak kekerasan, ekspliotasi, perlakuan salah dan penelantaran anak.

Selain itu ada point wajib yang harus di optimalkan yakni, mengoptimalkan peran dan fungsi lembaga di lingkungan pemerintah daerah terkait untuk, melakukan pencegahan pengurangan risiko kerentanan dan penanganan tindak kekerasan serta, eksploitasi dan perlakuan salah.

Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3) Kota Cimahi, Erick Yudha Mengatakan, Perda tersebut memang dibuat untuk menekan terjadinya kekerasan terhadap anak.

“Anak-anak punya hak dilindungi Perda. Jangan sampai kekerasan terhadap anak di Cimahi meningkat,” katanya.



loading...

Feeds