Pemkot Cimahi Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis

Sejumlah pemudik memasuki bus yang sudah disiapkan di lapangan upacara Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Minggu (18/6/2017).

Sejumlah pemudik memasuki bus yang sudah disiapkan di lapangan upacara Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Minggu (18/6/2017).

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Sebanyak delapan bus yang mengangkut 303 pemudik diberangkatkan pada Minggu (18/6/2017) di lingkungan kantor Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah.

Dari delapan bus yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Cimahi, tujuh diantaranya menuju Solo dan satu menuju Semarang Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian program mudik gratis lebaran 1438 hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Ison Suhud, mengatakan, kegiatan mudik gratis yang dilaksanakan pertama kali ini bertujuan agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan pribadi yang dapat berdampak pada kemacetan arus lalu lintas saat mudik dan balik lebaran.

“Ini merupakan upaya Pemerintah dalam menekan kepadatan kendaraan pada saat arus mudik dan balik,” kata Ison, usai memberangkatkan pemudik gratis, kemarin.

Sebelum diberangkatkan, bus yang mengangkut pemudik tersebut diperiksa terlebih dahulu oleh petugas Dishub Cimahi. Selain itu, kesehatan para pengemudi bus pun turut diperiksa.

“Kami sudah cek kelayakan bus dan tes kesehatan serta tes urine kepada sopir dan kernet. Alhamdulilah, baik sopir maupun bus layak untuk diberangkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Walikota Cimahi, Sudiarto, mengatakan pihaknya menyelenggarakan program mudik gratis karena ingin memfasilitasi warga yang ingin mudik. Selain itu, diharapkan dengan mudik gratis bisa mengurangi kemacetan. “Saya harap, program mudik gratis ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Salah seorang pemudik, Suwardi (55), mengatakan, dengan adanya program mudik gratis ini, dirinya merasa terbantu.

“Jelas terbantu, dan bukan hanya keluarga saya saja, tapi keluarga lainnya juga terbantu dengan mudik gratis ini. Tentunya saya berharap setiap tahunnya program ini terus berjalan,” ujarnya.

(gat)

 



loading...

Feeds