Video ”Tersandera” Manuver Politik Emil

Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil.

Sementara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tegas menyatakan tidak akan mengusung Kang Emil. “PDI Perjuangan satu-satunya partai yang bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi.

Saya memperkirakan juga akan mengusung kadernya sendiri yang akan disandingkan dengan tokoh populer,” ucap Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) ini.

Ketidakpastian politik ini, kata Girindra, kemungkinan membuat Emil merasa perlu melakukan manuver politik, meski risiko pernyataannya yang viral di media sosial bisa berimplikasi lain. Girindra menyebut manuver Emil itu demi menarik partai lain.

“Jadi jelas sekali pernyataan tersebut untuk menarik perhatian parpol lain untuk berkoalisi dengan Partai NasDem. Paling memungkinkan itu parpol berbasis Islam yang akan tertarik, karena enggak punya tokoh yang cukup populer,” kata Girindra.

Terpisah, Pengamat Politik Guevara Santayana menilai pernyataan Kang Emil berimplikasi pada elektabilitas. Apalagi rekaman video bercerita seputar alasan Kang Emil mau menerima pinangan Parta NasDem sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Dia khawatir jika menolak bakal lebih besar mudaratnya bagi Kang Emil maupun Kota Bandung.


loading...

Feeds