Penerangan Jalan Umum Minim, Sebagian Jalan di Kabupaten Bandung Masih Gelap

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Tidak sebanding dengan jumlah jalan yang ada. Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Bandung belum memenuhi kebutuhan. Hal itu terbukti, dari 31 Kecamatan di Kabupaten Bandung hanya 12.000 ribu PJU saja yang tersedia.

Oleh karena itu, dengan kondisi geografis Kabupaten Bandung cukup luas. Masih terdapat banyak jalan yang tak kunjung mendapatkan PJU. Dari 12.000 penerangan jalan umum hanya menerangi sebagian jalan. Nyatanya yang dibutuhkan untuk menerangi seluruh jalan yaitu 30.000 PJU.

Berdasarkan pantauan Radar Bandung. Sepanjang jalan Kopo, Kabupaten Bandung masih saja ditemukan PJU yang tidak berfungsi sebagai mestinya. Alhasil sepanjang tersebut selalu dalam kondisi saat malam hari. Hal ini ditakutkan akan menimbulkan kecelakaan lalu lintas pada malam hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penaatan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, Agus Nuria, mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya mengaku mengalami kesulitan terhadap permasalahan tersebut. Ditambah dengan kondisi wilayah yang cukup luas hambatan kerap terjadi saat melakukanperawatan.

“Selain kondisi wilayah yang cukup luas, mobil skylift milik Dinas yang digunakan untuk pemeliharaan hanya berjumlah tiga unit,” kata Agus di Kantor Dinas PUPR, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung, Soreang, kemarin (17/5/2017).

Agus pun menambahkan bahwa di tahun ini (2017) pihaknya berencana akan menambahkan dua mobil skylift untuk menunjang perbaikan PJU. Karena dengan kondisi mobil yang hanya dua tidak ideal dengan jumlah penerangan jalan umum yang ada, sedang dua mobil tidak bisa seluruh kecamatan dapat teratasi.

“Dari 31 kecamatan hanya dua mobil, idealnya adalah 10 mobilnya,”katanya.

Agus membeberkan bahwa saat ini hanya terdapat 12.000 unit PJU. Sementara kebutuhan yang diperlukan adalah 30.000 unit PJU.

Sementara, pajak dari PJU 2016 kemarin yang mencapai Rp 100 miliar hanya 12 milyar yang dipergunakan untuk pelayanan langsung ke masyarakat atau pengadaan PJU.


loading...

Feeds