Relawan di Bandung Barat Bantu Perbaiki Rumah Tidak Layak Huni

ilustrasi rutilahu

ilustrasi rutilahu

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Para relawan kemanusiaan di Kabupaten Bandung Barat tahun ini membantu pemerintah daerah dalam melakukan perbaikan rumah tidak layak huni. Gerakan ini juga melibatkan masyarakat serta aparat kewilayahan setempat.

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Pergerakan Relawan Kemanusiaan Indonesia KBB dan komunitas Budak Bageur tersebut tahun ini menargetkan perbaikan 10 unit rutilahu. Sejauh ini sudah ada 4 unit rutilahu yang selesai diperbaiki.

“Lokasinya tersebar di beberapa daerah, seperti di Ngamprah, Cipatat, Cihampelas, Padalarang, dan daerah lainnya yang butuh bantuan,” kata Mulyadi Humaedi, Sekretaris PRK-KBB di Ngamprah, Kamis, (20/4).

Mulyadi mengungkapkan, besarnya bantuan perbaikan rutilahu rata-rata Rp 5 juta per unit. Dana tersebut diperoleh dari iuran anggota serta donatur. Sementara untuk memperbaiki rutilahu, masyarakat setempat termasuk Ketua RT dan RW juga ikut membantu.

Untuk memperbaiki rutilahu, menurut dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Data rutilahu sebagian juga diperoleh dari pemerintah daerah, sebagian lagi dari usulan warga setempat.

“Dalam hal ini, kami membantu memperbaiki rutilahu yang tidak ter-cover pemerintah daerah. Jadi, sinergi dengan pemerintah tetap terjalin,” katanya.

Tak hanya itu, dia menuturkan, pihaknya juga membantu pemeriksaan kesehatan terhadap penghuni rutilahu. Sebab biasanya, mereka rentan terkena penyakit akibat kondisi lingkungan yang kurang sehat.

(bie)

~ Rumah Tidak Layak Huni ~



loading...

Feeds

U-19

Ingin PERSIB U-19 Lupakan Kekalahan

Tak mau terlarut dalam kekecewaan setelah rekor unbeaten terhenti, Hal tersebut untuk mempersiapkan diri untuk laga penutup fase grup Liga …