Museum Sri Baduga Bandung Siap Pamerkan “Naskah Kuna”

Museum Sri Baduga di Kota Bandung

Museum Sri Baduga di Kota Bandung

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Museum Sri Baduga, Bandung, siap pamerkan koleksi terbarunya di 2017. Beberapa koleksi yang sedamg dipersiapkan ialah naskah kuna yang terbuat dari lima kertas daluang dan tiga daun lontar.

Kepala Museum Negeri Sri Baduga, Sajidin Aries, menjelaskan ada 8 naskah yang diperoleh secara hibah dari Aki Tarka warga Desa Cikedung Lor, Kabupaten Indramayu, beberapa waktu lalu.

“Rencananya, kedelapan naskah kuna akan dipamerkan di ruang pamer museum dalam waktu dekat,” ujar Aries, Kamis (20/4/2017).

Menurutnya, naskah kuna tersebut berasal dari Kota Cirebon pada abad 19 berbahan kertas daluang berisikan tentang ajaran agama Islam, tata cara nikah, mosalmahu sorof serta doa-doa.

“Isinya kurang lebih tentang ketauhidan dan mujarobat doa,” tambahnya.

Sedangkan tiga naskah berbahan daun lontar, lanjut Aries, asalnya dari Pekanbaru Riau dan dua lagi dari Lombok, NTB dan tersimpan di Indramayu (Cikedung Lor) hingga akhirnya dihibahkan ke Museum Sri Baduga. Sedangkan isi naskah kuna tersebut tentang babad darma ayu nagari (Pekanbaru) dan naskah jatiswara seorang tokoh leluluhur para wali songo dan satu lagi tentang mantra-mantra.

“Naskah-naskah kuna tersebut sebelum dipamerkan terlebih dahulu akan dikaji ulang, dikonservasi dan direstorasi. Hal ini dilakukan takut ada yang mengaku- ngaku sebagai pemilik atau pewarisnya,” ungkapnya.

Pasalnya, kata Aries, kalau naskah-naskah kuna itu jatuh ke tangan para kolektor, kemungkinan besar tidak bisa disaksikan oleh masyarakat. Selain itu, jika dijual oleh kolektor mungkin harganya cukup mahal.

“Kita berupaya melindungi dan mengkonservasi agar naskah-naskah kuna tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat,” imbuhnya.



loading...

Feeds