Kawasan Hulu dan Hilir Sungai Citarum Jadi Titik Fokus Penghijauan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Tahun 2017 ini pemerintah pusat mengucurkan dana untuk penanganan DAS Citarum Hulu dan Cimanuk Hulu Jawa Barat sebesar Rp 257 miliar.

Kepada wartawan, Jum’at (13/1/2017) Sekertaris Daerah Kabupaten Bandung Ir. Sopian Nataperwira yang Rabu (11/1/2017) lalu menghadiri rapat tersebut mengatakan rapat pertemuan itu dilakukan untuk melakukan penghijauan di kawasan hulu Sungai Citarum.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Direktorat Jendral Kehutanan dan Lingkungan Hidup, dalam agenda perencanaan kegiatan untuk menghijaukan lahan yang ada di kawasan Hulu Citarum dan Hulu Cimanuk.

“Dana untuk penanganan Hulu Citarum yang dianggarkan pemerintah pusat cukup besar dan harus terselamatkan,” katanya.

Di Kabupaten Bandung yang menjadi titik fokus penghijauan ada di aliran Sungai Citarum tepatnya dari hulu hingga hilir Sungai Citarum.

“Titik beratnya seimbang, dari hulu hingga hilir,” tambahnya.

Sekda berharap penanganan DAS Citarum yang langsung ditangani oleh Pemerintah Pusat, pihaknya meminta ada scadule lima tahunan jangan sampai evaluasi kegiatan tersebut (restorasi Hulu Citarum,red) tidak jelas.

“Yang melajukan pekerjaan tersebut pemerintah pusat dan berkordinasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Kami minta ada skema, berapa tahun pekerjaan tersebut akan diselesaikan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengungkapkan total lahan kritis di Kabupaten Bandung sekitar 2.500 hektar yang berada di kawasan hulu dan hilir. Sebetulnya bukan hanya di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut saja, ada juga di wilayah Nusa Tenggara Barat, total anggaran yang disiapkan pemerintah pusat mencapai 326 miliar

“Penanganan Citarum hulu dan Cimanuk hulu dianggarkan sekitar 257 miliar, namun besaran anggaran untuk Citarum kami belum mengetahuinya karena masih dalam proses pemyusunan Dipa dari kementerian.

Pengerjaannnya akan langsung dilakukan tahun ini setelah penyelesaian anggaran. Intinya rapat kemarin menghasilkan berita acara dan akan langsung dilaporkan Dirjen ke Menteri Lingkungan Hidup,” tutupnya. (fer)

 



loading...

Feeds