Perekaman E-KTP di Disdukcapil Kabupaten Bandung Sisa 14 Persen

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Periode Juli hingga 26 Oktober 2016, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, merekam Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sebanyak 86.884 perekaman atau 86% dari target pemerintah pusat sebanyak 101.000 perekaman.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bandung, Aning Suciningsih mengatakan, perekaman massal tersebut, sebenarnya memang belum mencapai target, karena masih adanya beberapa kendala yang dihadapi. Salah satu kendalanya adalah, ada penduduk Kabupaten Bandung yang berada di luar daerah. Ia juga tak memungkiri jika masih ada warga yang masih rendah kesadarannya dan mengabaikan masalah administrasi kependudukan ini.

“Seperti warga Kabupaten Bandung yang bekerja atau kuliah di luar daerah dan di luar negeri. Tapi ada juga karena kesadaran warga yang kurang. Hal seperti inilah yang jadi kendala kami untuk memenuhi target perekaman ini,” kata Aning, kemarin.

Dari jumlah 86.884 yang telah direkam tersebut, imbuh Aning, ada beberapa yang datanya belum masuk ke data center di pusat, sehingga masih belum bisa dicetak dalam waktu dekat ini. “Untuk sisa dari yang 101.000 itu, nanti masuknya ke perekaman reguler di kecamatan masing-masing, dan akan dilakukan percepatan perekaman,”ujarnya.

Dalam perekaman massal tersebut, upaya yang dilakukan pihaknya, dengan menurunkan tim dari Disdukcapil dan tim dari operator di setiap kecamatan, turun melakukan perekaman hingga ke tingkat desa. Petugas ini melakukan perekaman di desa dari pagi hingga pukul 21.00 WIB.

“Selama perekaman massal ini, petugas kami turun langsung ke setiap desa, mereka bekerja sampai dari pagi sampai pukul 21.00 WIB. Memang belum memenuhi target karena beberapa kendala tadi, tapi dengan hasil ini sudah terbilang baik,”kata dia.


loading...

Feeds