Warga Bandung, Waspadai Angin Puting Beliung di Bulan November 2016

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem dan puting beliung. Memasuki musim pengujan, hujan lebat mulai intensif mengguyur Bandung dan sekitarnya.

Menurut prakirawan BMKG, Iid Mujtahiddin, dalam beberapa hari ke depan Kota Bandung dan sekitarnya diprediksi akan terus diguyur hujan. Curah hujan diperkirakan turun dengan intensitas ringan sampai lebat.

“Waspada cuaca ekstrem karena sudah mulai masuk musim hujan. Kondisi wilayah beberapa hari ke depan cenderung berawan juga hujan dengan intensitas ringan sedang hingga lebat,” kata Iid saat dikonfirmasi di Bandung, Minggu (30/10).

Waspada cuaca ekstrem ini dilihat dari beberapa hari sebelumnya curah hujan di Kota Bandung. Curah hujan berada di atas normal yang biasanya curah hujan normal 87 mm, namun belakangan mencapai hingga 200 mm.

Meski belum memasuki puncak musim hujan, namun Iid menyebutkan kondisi ini patut diwaspadai beberapa hari ke depan.

“November ke depan memang belum puncak, masih ringan hingga sedang tapi juga lebat itu patut diwaspadai,” ujarnya.

Tak hanya cuaca ekstrem, Iid juga meminta masyarakat mewaspadai potensi besar puting beliung. Sebab, angin puting beliung kebanyakan memang hadir saat peralihan musim.

“Puting beliung juga ada potensinya. Karena memang dia kejadiannya di peralihan atau saat musim hujan. Sekarang masuk peralihan ke musim hujan kan,” jelasnya.

Iid meminta masyarakat meningkatkan antisipasi dini. Contohnya, dengan mewaspadai awan cumolonimbus yang membentuk puting beliung pada siang atau sore hari.

Jika ada tanda-tanda puting beliung seperti itu, Iid menyarankan masyarakat untuk berlindung di tempat yang permanen agar terhindar dari bahaya. Selain itu, pemotongan pohon yang sekiranya rapuh juga menjadi salah satu antisipasinya.

“Kami BMKG menyarankan pohon di sekitar jalan raya atau rumah yang kelihatannya mudah tumbang baiknya ditebang,” ucapnya. Sementara puncak hujan berdasarkan perkiraan BMKG akan terjadi di penghujung tahun hingga awal tahun. Menjelang puncak peningkatan curah hujan semakin intensif. (agp)


loading...

Feeds

Pemkot Cirebon, memberikan bantuan kepada korban banjir. Foto: pey/pojokjabar

Pemkot Beri Bantuan Korban Banjir Suba

POJOKJABAR.com CIREBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon langsung memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak banjir luapan aliran sungai Suba, Jumat (23/2/2018) …