Hadapi Banjir, Puskesmas Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Siaga 24 Jam

Warga melintasi banjir dengan berjalan kaki saat melanda kawasan Kabupaten Bandung

Warga melintasi banjir dengan berjalan kaki saat melanda kawasan Kabupaten Bandung

POJOKJABAR.com, DAYEUHKOLOT – Kepala UPTD Pelayanan Kesehatan Kecamatan DayeuhKolot, Enda Nurlida mengatakan Puskesmas siap menghadapi musim banjir yang sedang terjadi. Menurutnya puskesmas sudah mempersiapkan surveylance yang siap memantau 24 jam kesehatan warga. Surveylance tersebut hasil kerjasama dengan pihak desa dan relawan.

“Musim banjir begini, sekarang sudah ada yang jaga malam, satpam 24 standby di Puskesmas dan surveylance yang siap memberikan informasi,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, Dayeuh Kolot yang memang menjadi daerah rawan bencana banjir sehingga pihaknya telah mempersiapkan obat-obatan secara lengkap.

“Persediaan obat sudah siap, kalau ada kekurangan, Dinas sudah siap membantu,” katanya.

Sejauh ini, pihak Puskesmas telah mempersiapkan satu unit mobil ambulance, satu unit perahu hasil bantuan dari desa. Selain itu 30 petugas sudah siap siaga, diantaranya 4 dokter, 3 bidan, 2 dokter gigi dan 4 perawat yang siap kapan saja jika dibutuhkan.

Untuk menghindari kejadian yang terjadi beberpa waktu lalu saat Puskesmas terendam banjir, menurut dia kini semua obat dan arsip penting sudah disimpan di tempat yang tinggi.

“Antisipasi, kita simpan ditempat tinggi dan berbahan besi,” ujarnya

Pasca dua hari terendam banjir dan sebagian warga yang mengungsi, tidak ada yang mengelukan penyakit yang serius. Kata dia sejauh ini Puskesmas belum mendirikan posko kesehatan, para pasien lah yang mendatangi.

“Belum, nanti kalau urgent kita sudah siapkan posko kesehatan,” kata dia.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat apalagi pada saat musim hujan dan sering banjir ini. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) penting, pola makan juga harus dijaga.

“Makanan harus dijaga, jangan sering makan mie, walaupun di posko pengungsian sering diberi mie,” pungkasnya. (apt)


loading...

Feeds