Pemprov Jabar Minta Daerah Percepat Verifikasi Dana Desa

Illustrasi

Illustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta para kepala daerah membantu percepatan verifikasi administrasi dana bantuan infrastruktur desa. Hal ini penting agar proses penyalurannya tidak terkendala.

Kepala Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jabar Koesmayadi Padmadinata mengatakan, dalam APBD Perubahan 2016 dana bantuan gubernur untuk infrastruktur desa mencapai Rp 265,6 miliar. Dana tersebut akan disebar ke 5.313 desa sehingga masing-masing akan mendapatkan Rp 50 juta.

“Ada juga pencairan untuk dana kinerja aparatur desa masing-masing Rp 15 juta,” kata Koesmayadi di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/10). Menurutnya, untuk pencairan dana kinerja, pihaknya tinggal menyelesaikan sedikit lagi pengajuan dari desa.

Sementara bantuan gubernur untuk dana infrastruktur desa sejauh ini baru tiga kabupaten yang mengajukan proposal, yakni Kuningan, Subang, dan Majalengka.

“Tapi sekarang kita jemput bola karena waktunya terbatas, jadi tim turun ke lapangan langsung memeriksa persyaratan administrasi,” ucapnya.

Koesmayadi mengakui pihaknya khawatir dengan proses pencairan dana infastruktur ini karena waktu pencairan hanya tersisa hingga 15 Desember. Dia berkaca dari pencairan bantuan kinerja yang meski waktunya sangat panjang namun proses daerah mengajukan persyaratan tergolong sangat lambat.


loading...

Feeds