Ridwan Kamil : Perwal GBH Penting untuk Keberlanjutan Pembangunan Kota Bandung

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

Walikota Bandung, Ridwan Kamil

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, perwal No. 1023/2016 tentang bangunan gedung hijau (Perwal GBH) yang berlaku mulai 26 Agustus 2016 bisa menghemat energy dan mengurangi cemaran CO2 dalam jumlah yang sangat banyak.

“Bakal hadir 2,7 juta meter per segi bangunan pada tahun 2026. Dengan diterapkannya Perwal ini kita bisa hemat listrik setara 500 Miliar. Aturan ini juga bisa mengurangi pencemaran CO2 sebanyak 260.000 ton sama dengan kita pubya 90.000 pohon mahoni dewasa,” katanya di jalan Turangga Bandung, Kamis (27/10/2016).

Menurutnya, aturan tersebut penting untuk Kota Bandung agar Bandung sebagai kota wisata dan kota hunian bisa sustain di masa depan.

“Itulah kenapa kita terapkan aturan ini,” ujarnya.

Walaupun Jakarta lebih dahulu menerapkan aturan ini tapi dengan Perwal GBH ini Bandung menerapkan aturan yang lebih komprehensif karena tidak hanya bangunan besar seperti hotel dan apartemen tapi juga termasuk rumah tinggal biasa.

Dia membantah pemberlakuan Perwal GBH tersebut akan mempersulit warganya dalam mendapat IMB.

“Diterapkan baik pada bangunan besar spt hotel kantor dan yang lainnya maupun bangunan kecil spt rumah. Saya adil persyaratannya dibedakan antara bangunan besar dengan bangunan kecil,” tandasnya. (bon)


loading...

Feeds