Waduh… Tahun 2036 Nanti Kota Bandung Tenggelam ?

Ilustrasi

Ilustrasi

 

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Ancaman Bandung bakal tenggelam pada 2036 bukan isapan jempol belaka. Dari tahun ke tahun, ketinggian air yang meluap kepermukaan saat debit air meningkat tak lagi terbendung. Campur tangan semua pihak kini diandalkan untuk menyelamatkan Ibukota Jawa Barat ini dari kepungan air.

Prediksi itu sangat mungkin terjadi. Apalagi jika tata ruang Bandung dan sekitarnya tidak dibenahi secara komprehensif. “Tidak cukup Kota Bandung yang perlu menyesuaikan tata ruangnya, wilayah lainnya seperti Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan lainnya juga harus terintegrasi,” kata Dadan Ramdhan, Ketua Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Provinsi Jawa Barat, Rabu (26/10/2016).

Dadan sangat berharap, semua pihak dan instansi pemerintahan baik di perkotaan, provinsi dan nasional segera merumuskan penanganan banjir terintegrasi, demi menyelamatkan Bandung dari ancaman tenggelamnya.

“Pada 2014 ketinggian luapan air di Pasteur hanya 50 centimeter, Senin 24 Oktober 2016, ketinggian mencapai satu meter lebih. Dapat dibayangkan bila dibiarkan tanpa solusi, 2036 Bandung akan tenggelam,” ungkapnya.


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …