Minta Maaf, Ridwan Kamil Ungkap Rencananya untuk Mengatasi Banjir Kota Bandung

POJOKJABAR.id, BANDUNG – Walikota Bandung Ridwan Kamil memohon maaf kepada masyarakat Kota Bandung, Jawa Barat, atas bencana alam banjir yang terjadi pada Senin (24/10/2016). Hal ini diutarakannya sebagai orang nomor yang paling bertanggung jawab atas Kota Bandung melalui akun Twitter-nya, @ridwankamil.

“Kami mohon maaf dengan banjir Pasteur/Pagarasih yang terjadi,” ucapnya.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melakukan upaya untuk mengantisipasi banjir dengan melampirkan sejumlah foto kegiatan proyek. Namun ternyata hal tersebut belum berjalan efektif.

“Upaya pengurangan banjir sudah dilakukan dari tahun lalu (2015, red) namun ternyata belum memadai,” tulis Ridwan.

Upaya-upaya yang telah dilakukan Pemkot Bandung dalam mengatasi banjir di antaranya dengan rutin membersihkan gorong-gorong, pembuatan drainase, memperlebar trotoar dan lainnya.

Disebutkannya pada tahun 2016 ini ada 19 ruas jalan yang akan dilakukan pelebaran gorong-gorong dan trotoar. Yakni di Jalan H Djuanda Segmen 1, Jalan H Djuanda Segmen 2, Jalan RE Martadinata, sekitar kantor Balaikota Bandung, Jalan Cibadak Segmen 1, Jalan Cisitu Lama, Jalan Sudirman Segmen 1, Jalan Buah Batu Segmen 1, Jalan Otto Iskandardinata Segmen 1 serta Jalan Ahmad Yani Segmen 1.

Lalu, Jalan Dipatiukur Segmen 1, Jalan Aceh, Jalan Sukabumi, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Kopo, Jalan Moh Toha, Jalan Sriwijaya, Jalan Cibaduyut, dan Jalan Sukajadi.

“Namun harus dicicil karena APBD terbatas,” ujarnya.

Rencana ke depan, kata Ridwan Kamil, pihaknya akan membangun sistem tol air yang akan dipasang di Pasteur/Pagarsih seperti yang ada di kawasna Gede Bageg . “Kami akan terus berupaya, hatur nuhu,” tukasnya.

(izo/pojokjabar)


loading...

Feeds