Banjir Mulai Surut, Lumpur Tumpuki Seantero Kota Bandung

Banjir di Jalan Pasteur Bandung

Banjir di Jalan Pasteur Bandung

POJOKJABAR.id, BANDUNG – Banjir yang melanda Kota Bandung, Jawa Barat, pada Senin (24/10/2016) kemarin menyisakan tumpukan lumpur di sebagian titik kawasan kota. Walhasil, warga terpaksa berjibaku membersihkan tempatnya dari lumpur sisa banjir tersebut.

“Sekarang sudah mulai normal keadaannya, kendaraan sudah bisa lagi melintas di daerah yang kemarin paling parah banjirnya seperti Pasteur dan Pagarsih. Tapi lumpur memang masih menumpuk sampai 10 hingga 15 meter di beberapa titik,” kata Haryadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Jawa Barat kepada Ging Ginanjar dilansir BBC Indonesia.

Banjir besar yang kali pertama terjadi itu diakibatkan hujan deras yang mengguyur Kota Bandung seharian. Sehingga membuat sungai Citepus meluap dan irigasi sungai Citepus jebol. Haryadi juga menjelaskan, ketinggian banjir bervariasi antara 50 hingga 200cm.

“Ini akibat meluapnya sungai Citepus, dan bobolnya irigasi Citepus. Meluapnya sungai juga disebabkan oleh dangkalnya sungai dan banyaknya sampah yang menyumbat aliran sungai. Sementara drainase perkotaan tidak mampu menampung aliran permukaan dari hujan yang lebat menyebabkan banjir parah,” kata Haryadi.

(izo/pojokjabar)


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …