Duh… Jawa Barat Rawan Sekali Potensi Bencana

ilustrasi Banjir

ilustrasi Banjir

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Badan Geologi menyebut terdapat empat wilayah di Jawa Barat yang masuk dalam daerah rawan potensi bencana yakni Garut, Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya.

Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial menuturkan pihaknya akan fokus dalam melakukan mitigasi bencana di wilayah-wilayah tersebut. Pasalnya, daerah-daerah tersebut rutin terjadi pergerakan tanah.

“Wilayah Garut, Sukabumi, Sumedang dan Tasikmalaya secara historis memang kerap terjadi bencana, sehingga kami akan fokus ke daerah itu,” kata Ego di kantor Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (21/10/2016).

Dikatakannya, aktifitas manusia yang mengubah kawasan hutan menjadi perkebunan dan pemukiman semakin memperparah kondisi, hingga bencana sulit untuk dihindarkan. Hal tersebut dapat berkaca pada kasus banjir Garut akibat hilangnya wilayah resapan air.

“Kondisi alam di Garut itu lengkap, ada pegunungan, lembah, alur sungai. Situasi perubahan iklim sangat tinggi, aktifititas perkembangan ekonomi juga yang menyebabkan pembangunan di kawasan sungai tinggi, juga rusaknya wilayah hutan,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk memperkecil dampak bencana, setiap bulan pihaknya selalu memberikan informasi kepada pemerintah daerah terkait kebencanaan. Seperti memberikan sosialisasi di wilayah yang rawan bencana.

“Dari kami pemerintah daerah harus mengarus utamakan mitigasi bencana. Kami pun terus melakukan sosialisasi kepada Pemdanya jika menemukan potensi bencana segera informasikan kepada kami,” tandasnya. (nif)


loading...

Feeds