Pohon Tumbang di Jalan Amir Mahmud Cimahi Ini Bikin Macet

Pohon di Jalan Amir Mahmud tumbang saat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Cimahi, Jumat (21/10).

Pohon di Jalan Amir Mahmud tumbang saat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Cimahi, Jumat (21/10).

POJOKJABAR.com, CIMAHI- Pohon di Jalan Amir Mahmud tumbang, Jumat (21/10) saat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Kota Cimahi. Akibatnya, arus lalu lintas di ruas jalan itu sempat tersendat dan membuat kepadatan kendaraan.

Dari pantauan, pohon yang berdiameter 60 cm dan tinggi 10 meter itu jatuh menutupi sebagian badan jalan. Jatuhnya pohon pun membuat kabel listrik yang berada di sekitar lokasi rusak. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Demikian disampaikan Kapolsek Cimahi, Kompol Asep Nandang, saat ditemui di lokasi kejadian. Ia mengatakan, pohon tersebut sudah masuk Kategori tua sehingga tidak kuat menahan angin kencang.

“Waktu kejadiannya itu sekitar pukul 11.30 WIB, meski arus lalu lintas sempat tersendat, beruntung tidak ada korban jiwa, karena sebagian besar warga sedang melaksanakan ibadah salat jumat,” ujarnya.

Asep mengatakan, tak lama setelah mendapat laporan, dirinya langsung terjun bersama anggota lain untuk mengevakuasi pohon dan mengatur arus lalu lintas.

“Kemacetan sempat terjadi dari arah barat dan timur lalu lintas. Tapi, arus dari barat relatif bisa dipecah melalui jalan komplek Padasuka Indah, sehingga kendaraan bisa keluar arah Jalan Sangkuriang,” ujarnya.

“Nah, arus lalu lintas yang datang dari timur (arah menuju Padalarang) yang sempat sulit untuk dipecah, jadi aga tersendat,” Ia melanjutkan.

Proses evakuasi berlangsung sekitar satu jam dibantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi dan PLN.

“Masalah arus listrik karena kabel rusak, kami sudah berkoordinasi dengan PLN kota Cimahi untuk dilakukan pemadaman listrik sementara,” katanya.

Di tempat terpisah, tepatnya di Kp. Cijerah RT 04 RW 03 desa Tani Mulya Kec. Ngamprah yang merupakan daerah perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, ratusan pohon bambu menimpa sebuah rumah warga di Kompleks Bukit Cipageran Indah.

Selain rumah, tercatat sebanyak 6 motor rusak akibat iktu tertimpa material pohon bambu.

Kepala desa Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Lili Suhaeli mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.45 WIB saat warga melakukan ibadah shalaty jumat. “Sebelum kejadian, angin dan hujan itu lebat sekali. Tapi beruntung ga ada korban. Hanya ada beberapa bagian rumah yang rusak,” katanya.

Ratusan pohon bambu langsung dievakuasi oleh petugas Polsek Cimahi dan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) KBB. (bbb)


loading...

Feeds