Kota Cimahi Ikut Andil Pengaruhi Kebersihan Sungai Citarum

Sungai Citarum

Sungai Citarum

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Pelaksanaan sosialisasi koordinasi Citarum Bestari tingkat Kota Cimahi 2016, dilaksananakan di Aula Gedung A, Komplek Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis (20/10).

WaliKota Cimahi, Atty Suharti mengatakan, Kota Cimahi merupakan salah satu kota dari 8 kota dan kabupaten di Jabar yang mempengaruhi akan kebersihan Citarum.

“Kita bagian dari Indonesia dan sebagai warga Jawa Barat, memilki tanggung jawab penuh atas harkat martabat bangsa yang peduli akan lingkungan yang ada di indonesia khususnya sekitar tempat kita beraktivitas,” ujarnya.

Atty melanjutkan, Cimahi tidak mau tertinggal untuk bersama membangun kehormatan ini dengan program terintegrasi, sanitasi dengan septic tang komunal, air bersih dan sampahnya, mulai dari penyediaan infrastruktur sampai pada perilaku hidup bersih sehat dan mengajak para pelaku usaha mulai industri ringan sampai industri berat yang mencemari air, udara dan tanah dan bahkan menghabiskan air, untuk ikut peduli akan Citarum.

“Kita harus terus bekerja untuk tanah kita, untuk udara kita, untuk sungai kita agar lingkungan kita makin sejahtera agar makin sehat dan akan mewariskan ini untuk anak cucu dan cicit,” katanya

Atty menjelaskan, Kota Cimahi berdasar luas wilayah termasuk kita kecil, namun didasarkan kependudukan sebagai kota sedang, artinya kapasitas kota sudah maksimal , limbah rumah tangga akan besar , kawasan industri yang tidak tertata baik menjadikan limbah industripun tidak sedikit , menjadikan tantangan yang menarik .

Selain Daya beli yang tidak tinggi , kawasan pemukiman padat , membutuhkan penggerak dengan landasan berpikir sosial dan pengabdian pada rakyat , berdasarkan perhitungan manfaat. bukan nya berdasarkan pendekatan perhitungan untung dan rugi .

“Kompensasi sosial kami lakukan , seperti bank sampah , kelompok pengelola pengguna air yang tiap tahun sumur pompa dalam ditambah , penataan drainase mdan perbaikan jalan lingkungan perumahan , termasuk ubaranang di gang , untuk mengugah bahwa kita memilki rumah Cimahi harus ditata dan dijaga,” tutupnya. (bwo)


loading...

Feeds

Dayung

Ketua PODSI Kabupaten Bekasi Mundur?

Kabar tersebut seolah diamini Ketua PODSI Kabupaten Bekasi yang mengaku saat ini dirinya sudah selesai dalam menjalankan tugas sebagai ketua …