Wisata Manglayang di Kabupaten Bandung Harus Dikembangkan

Tempat wisata dan perkemahan di Manglayang

Tempat wisata dan perkemahan di Manglayang

POJOKJABAR.com, KABUPATEN BANDUNG – Potensi wisata di Kabupaten Bandung seakan tidak ada habisnya. Salah satunya wisata edukasi bumi manglayang yang sedang dikembangkan oleh Karang Taruna Desa Cilengkrang Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Ketua Karang Taruna Desa Cilengkrang, Jajang Hendra mengatakan potensi wisata di kawasan manglayang sering terlupakan, padahal potensi wisata tersebut dapat dikembangkan menjadi sumber penghasilan bagi warga. Maka dari itu pihaknya kini tengah mengembangkan wisata edukasi lingkungan. Memanfaatkan potensi yang ada di sekitar seperti peternakan sapi, perkebunan organik, dan wisata Curug Cilengkrang.

“Kita juga ekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Islam Fathul Khoer untuk mengembangkan wisata ini. Semoga bisa meningkatkan ekonomi warga,” ujar Jajang, Kamis (20/10/2016).

Nantinya, kata dia, wisata edukasi ini akan menawarkan wisata sekaligus belajar. Pengunjung diajak untuk belajar bagaimana merawat hewan, menanam tanaman organik hingga melestarikan lingkungan lewat reboisasi dan penaman pohon.

“Karena di sini (Desa Cilengkrang) tidak kalah indah dengan kawasan Ciwidey ataupun Lembang,” kata dia.

Pengembangan wisata di wilayah Manglayang juga disambut baik oleh Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf M Efendi. Menurut dia, potensi wisata tersebut harus dikelola secara serius.

“Itu bagus, orang-orang jangan hanya tahu kawasan Ciwidey sebagai tempat wisata, tapi di Manglayang juga ada,” kata dia usai kunjungan daerah pemilihan dalam rangka serap aspirasi masyarakat di Desa Cilengkrang.

Dia mendorong ada peran serta dari semua pihak terutama pemerintah daerah untuk kemajuan daerah wisata manglayang. “Saya mendorong pemerintah daerah agar bisa ikut andil membantu menaikan pamor wisata di sini,” pungkasnya. (apt)


loading...

Feeds