Pemprov Jabar ‘Tendang’ 4 Kafe dari Taman Hutan Raya Kota Bandung

Ilustrasi Cafe Taman Hutan Raya

Ilustrasi Cafe Taman Hutan Raya

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusir sejumlah kafe di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Taman konservasi yang berada di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar ini disterilkan dari bangunan liar. 200 anggota Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jabar yang datang ke lokasi, hanya datang untuk menyegel 4 bangunan pelangar aturan itu.

“Kami siap membantu pemilik kedai untuk membongkar. Kami juga siap mengangkut barang-barang mereka,” kata Kepala Satpol PP Provinsi Jabar Udjwalprana Sigit di lokasi pembongkaran, Kamis (20/10/2016).

Sigit mengklaim, pihaknya telah memberi waktu empat bulan untuk pengelola kafe membongkar tempatnya.

“Tapi tak ada respons positif, jadi kami segel,” ucapnya.

Selama empat bulan itu juga, pihaknya menggali informasi lebih lanjut agar keputusannya semakin tepat.

“Ternyata memang tak ada satu pun OPD yang membenarkan adanya kedai di lahan Tahura ini,” katanya.

Bahkan, Sigit mengakui, penyegelan yang dilakukan 200 personelnya, berdasarkan keputusan bersama dengan pemilik kafe.

“Ini sudah disepakati bersama,” tandasnya.

Kuasa pendamping salah satu pemilik kafe, Pius Manalu mengatakan, pihaknya akan koperatif terkait adanya penyegelan ini. Pemilik siap direlokasi sesuai tempat yang ditentukan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Kepala Balai Tahura. Dan sudah ada bahasan mengenai titik relokasinya, yang pasti masih di dalam Tahura,” katanya di tempat yang sama.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan dilakukan pembenahan pada lokasi yang ditunjuk.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Satpol PP dan hasilnya cukup positif,” katanya seraya mengaku pihaknya menghormati komitmen yang telah disepakati.

Tempat tersebut akan dikerjasamakan dengan Koperasi Dinas Kehutanan Provinsi Jabar.

“Tapi harus ada kepastian hukum terutama dalam hal izin dan kerjasamanya,” kilahnya. Pada penertiban kemarin jauh berbeda dengan aksi serupa pada Juni lalu. Penertiban kali ini sama sekali tidak ada kericuhan sedikitpun. (agp)


loading...

Feeds

Gempita Nusantara

Unjuk Busana Daerah pada Gempita Nusantara

GRAND Metropolitan Bekasi menggelar acara yang didukung Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bertajuk Gempita Nusantara, Hal tersebut disampaikan oleh General Manager …