Waduh… Pemukiman Kumuh di Kota Cimahi Capai 176 Hektare

Ilustrasi Kawasan Kumuh.

Ilustrasi Kawasan Kumuh.

POJOKJABAR.com, CIMAHI -Luas wilayah yang masuk dalam kategori pemukiman kumuh di Kota Cimahi Sekitar 176 hektare. Pemerintah Kota Cimahi mengaku terus melakukan upaya dalam mengatasi permasalahan terkait wilayah kumuh tersebut dengan bekerjasama Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Permukiman dan Perumahan Dinas PU Kota Cimahi, Agus Hapriyadi saat ditemui di Kantor Pemerintah Kota Cimahi belum lama ini.

“Di Cimahi terdapat sekitar sembilan kawasan kumuh, dengan luas total sekitar 176 hektare. Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kota sama-sama memiliki peran untuk menghilangkan kawasan kumuh,” katanya.

Pembagian penanganan kawasan kumuh sudah diatur per wilayah. Rinciannya, luas 0-5 hektare adalah kewajiban pemerintah kota, 5-10 hektare adalah kewajiban dari provinsi, dan untuk 15 hektare ke atas jadi kewajiban dari pusat.

“Untuk kawasan kumuh yang di atas 15 hektare itu sekarang ini ada tiga lokasi yang akan ditangani, yaitu di Cibeureum, Padasuka, dan Cigugur,” kata Agus.

Pada tahun depan, Pemerintah Pusat akan menyerahkan bantuan untuk mengendalikan kawasan kumuh di ketiga lokasi tersebut.


loading...

Feeds