Utang PBB Menggunung, Pemkab Bandung Barat Bentuk Timsus

Bupati Bandung Barat Abubakar

Bupati Bandung Barat Abubakar

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Mengejar Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) terhadap Laporan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah 2016, Bupati Bandung Barat menegaskan, bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki salah satunya pengelolaan Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Menurut Abubakar, dari hasil LHP BPK RI 2015 diketahui masih adanya saldo piutang PBB P2 akibat belum dilakukannya validasi data secara keseluruhan sehingga menjadi temuan tim pemeriksa.

“Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang sama dalam permasalahan piutang PBB P2, Pemda telah membentuk Tim khusus yang menangani permasalahan pengelolaan dan penghapusan piutang pada Desember 2015 lalu. Diharapkan tim ini bisa bekerja lebih maksimal dalam memvalidasi data piutang PBB tahun ini,” kata Abubakar.

Untuk menekan tingginya piutang PBB P2, Bupati meminta dinas terkait berkoordinasi dan memanfaatkan aparat kewilayahan mulai dari camat, kader, RW hingga RT agar target capaian bisa terlaksana sesuai dengan harapan dan meminimalisir angka piutang.

Di samping itu, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga harus menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya serta tetap mengacu pada aturan maupun sistem yang berlaku. Agar tidak terjadi kesalahan dan kesimpangsiuran anggaran.

“Tunjukkanlah dengan kinerja maksimal bahwa kita mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik agar target WTP bisa terwujud. Jika Kab/Kota lain saja bisa mendatkan WTP, kenapa kita tidak,” ungkapnya.

Menurut Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Arman Syifa menjelaskan, bahwa pemda harus bisa menangani badan menanggulangi permasalahan PBB P2 yang kerap menjadi temuan.

“Kegiatan ini merupakan pendampingan awal sebelum dilakukan pemeriksaan, sehingga bisa meminimalisir kesalahan dan kesimpangsiuran penggunaan anggaran sebagai bentuk dorongan agar diperoleh laporan keuangan pemerintah daerah yang lebih baik demi tercapainya opini WTP seperti yang diharapkan bersama,” terangnya. (bwo)


loading...

Feeds

Masker dari arang mampu menngatasi masalah bekas jerawat di wajah./Foto: jpc

Begini Proses buat Masker Arang di Rumah

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Belakangan ini arang hitam banyak digunakan dalam beragam produk kecantikan karena kemampuannya untuk menghilangkan racun dari kulit. Banyak …