PT KAI Tingkatkan Pelayanan, Kelas Bisnis Jadi Ekonomi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Demi memberikan pelayanan yang terbaik PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan jasa pelayanan khusus bagi pengguna KA. Mulai per 21 Oktober 2016 KA Mutiara Selatan rute Bandung-Surabaya-Malang pulang pergi kembali menggunakan kelas bisnis.

Untuk kereta api Agro Parahyangan mulai 25 Oktober 2016 dengan kelas bisnis berubah menjadi menggunakan kelas ekonomi baru sehingga starmformasi kereta Agro Parahyangan menjadi 4 kereta, ditambah 4 kereta ekonomi baru dengan total 520 seat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Humas PT KAI Daop 2 Bandung Franoto. Kegiatan ini diberlakukan untuk meningkatkan jasa pelayanan kepada penumpang, baik dari kelas bisnis ke kelas ekonomi baru ataupun sebaliknya.

“PT KAI memberlakukan pengembalian selisih bea bagi pengguna layanan kereta kelas bisnis menjadi layanan kelas ekonomi baru,” ujar Franoto.

Adapun rincian pengembalian bea diantaranya, bagi penumpang KA Mutiara Selatan yang telah membeli tiket dengan kelas ekonomi tidak dikenakan bea tambahan meskipun terjadi perubahan ke kelas bisnis. Bagi penumpang yang telah membeli tiket KA Agro Parahyangan dengan kelas bisnis maka diberikan bea sebesar Rp20 ribu.

Selain itu, jika ada penumpang yang keberatan untuk menggunakan KA dengan kelas yang lebih rendah maka kepadanya diberikan pengembalian bea sebesar 100%. Pengembalian bea pun dapat dilakukan di stasiun kedatangan penumpang atau stasiun lain yang memungkinkan, setelah penumpang menyerahkan tiket.

“Kami juga mengembalikan bea sedapat mungkin yang dilakukan pada hari yang sama dengan kedatangan KA. Sejak 2015 lalu PT KAI memberlakukan peraturan baru terkait barang bawaan (bagasi) penumpang KA, yang mana dibatasi maksimal seberat 20 kg atau volume maksimal 100 dm (70x48x30 cm) per penumpang,” tuturnya.

Franoto berharap dengan adanya jasa pelayanan baru ini, masyarakat lebih bisa merasa nyaman dalam melakukan perjalanan bersama kereta api. Tidak hanya itu, PT KAI selalu memprioritaskan kenyamanan bagi penumpang. (raj)


loading...

Feeds