Di Kota Cimahi Penggunaan E-KTP Sementara Tak Ditolak

Ilustrasi e-KTP.

Ilustrasi e-KTP.

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menjamin tidak akan ada warga yang ditolak ketika melakukan proses administrasi yang membutuhkan e-KTP dengan menggunakan surat keterangan, baik itu ke perbankan maupun instansi swasta.

Sebab, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah melakukan sosialisasi kepada pihak swasta dan perbankan tentang surat edaran Kementrian Dalam Negeri terkait surat keterangan pengganti sementara e-KTP.

“Kami sudah menerima dan melakukan sosialisasi kepada sejumlan instansi swasta di Kota Cimahi terkait surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang format surat keterangan e-KTP yang masih dalam proses,” ujar Kasi Sistem Informasi Disdukcapil, Ahmad Indra Yusnan, kemarin.

Surat keterangan e-KTP dalam proses itu diberikan kepada warga yang telah melakukan perekaman e-KTP sebagai pengganti e-KTP. Dengan surat tersebut, warga bisa memproses berbagai urusan yang memerlukan e-KTP, seperti untuk kepentingan pemilu, pilkada, pilkades, perbankan, imigrasi, kepolisian, asuransi, BPJS dan pernikahan. Hanya saja, surat tersebut hanya berlaku selama enam bulan.

Sebetulnya, kata dia, surat serupa pernah diterbitkan Disdukcapil. Namun, karena saat itu belum ada surat edaran dari Kemendagri, sejumlah instansi menolak warga yang hendak melakukan proses administrasi.

“Sekarang, format suratnya langsung dari Kemendagri jadi tidak akan membuat masyarakat kesulitan lagi,”


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …