Dari Ribuan Tenaga Harian Lepas di Kota Cimahi, Baru 467 Dijamin BPJS

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

POJOKJABAR.com, CIMAHI– Pemerintah Kota Cimahi baru menjamin 467 Tenaga Harian Lepas (THL) yang menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan dari total 2.205 orang THL. Jumlah itu didapat dari THL yang bekerja di tiga dinas. Yaitu, Pekerjaan Umum (PU) sebanyak 135 orang, Dinas tenaga kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) sebanyak 14 orang, dan Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) sebanyak 318 orang.

Delain di tiga dinas yang disebutkan, ribuan THL tersebar di sejumlah kantor dan dinas lain. Di antaranya, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan, Perindustrian dan Pertanian (Diskopindagtan), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala BKD Kota Cimahi, Harjono mengatakan, urutan THL yang paling banyak ada di Disdikpora sebanyak 983 orang. Mereka terbagi sebagai guru, bagian tata usaha, atau penjaga sekolah.

Kedua ada di DKP, sebanyak 318 orang, lalu ada Dinkes 273 orang, disusul Diskopindagtan 109 orang dan PU 135 orang.

“Sebagian sudah dijamin sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Yang guru-guru belum. Datanya belum ada yang melaporkan secara resmi,” katanya.

Harjono mengatakan, tahun depan semua THL tercover sebagai peserta BPJS. Karena, semua kepala dinas sudah mengetahui jika THL nya harus didaftarkan sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan.


loading...

Feeds