Coba-Coba Pakai Styrofoam Lagi di Bandung ?… Ini Dia Sanksinya

Walikota Bndung , Ridwan Kamil

Walikota Bndung , Ridwan Kamil

POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pengusaha masih suka menggunakan styrofoam disinyalir karena harganya lebih murah.

“Sebenarnya para pedang juga menyiapkan cup, atau dus makanan lain, atau jika perlu menjual sop. Tapi memang masih memilih menggunakan styrofoam,” ujar Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan Jumat (14/10).

Ridwan Kamil mengatakan, kemungkinan warga masih menggunakan styrofoam lantaran harganya lebih murah.

“Tapi kita harus bisa mengubah kebiasaan para pedagang, agar sekarang tidak menggunakan styrofoam,” tambahnya.

Pasalnya, lanjut Ridwan Kamil, penyebab sumbatan sampah di sungai, terbesar adalah sampah plastik dan styrofoam.

Ridwan Kamil mengakui, bentuk imbauan kepada masyarakat ini nantinya memang hanya surat keputusan (SK) Wali Kota. Namun, sanksi yang diturunkan untuk pelanggara jelas.

“Kita akan turunkan sanksi administrasi, sampai pencabutan izin usaha,” tegasnya.Karena, payung hukum SK ini adalah Undang-Undang lingkungan hidup dan Perda K3.

“Jadi kalau ada yang mendebat SK ini, ya payung hukumnya undang-undang dan perda,” tegasnya.

Untuk pengusaha besar yang sudah mengemas produknya dengan styrofoam dan sudah dipasarkan luas, Ridwan Kamil meminta mereka untuk mengganti kemasan dengan menggunakan kardus. “Di negara-negara maju kan sudah menggunakan kardus ini,” katanya. ?

Sementara itu, Direktur Utama PD Kebersihan Deni Rudiana mengatakan, tidak punya data khusus, berapa persen sampah styrofoam ?di Kota Bandung.

“Kalau di TPS sepertinya tidak banyak ya. Walaupun saya tidak punya data persisnya, tapi menurut saya tidak banyak,” terangnya.

Menurut Deni styrofoam banyak terdapat di sungai-sungai dan memang menyumbat aliran sungai.

“Tapi itu juga sungai-sungai di kabupaten, seperti di dayeuh kolot. Sementara di sungai Kota Bandung, seperti Cikapundung tidak terlalu banyak,” terangnya. (mur)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …