Pilkada Cimahi, KPU Cimahi Optimistis Partisipasi Pemilih Capai 80%

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKJABAR.com, CIMAHI – KPU Kota Cimahi optimistis angka partisipasi pemilih pada Pilkada Cimahi 2017 bisa melebihi dari target yang ditetapkan KPU RI 76,5% menjadi 80%. Hal ini didasarkan pada persiapan dan sosialisasi yang jauh lebih panjang dan masif.

Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya mengatakan, partispasti pemilih di Kota Cimahi dalam gelaran pemilu sangat tinggi. Dalam penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilres) 2014 saja, tingkat pemilih di Kota Cimahi mencapai 72%.

“Kami bersyukur mengenai angka partisipasi pemilih Cimahi masih tinggi karena dari pemilu ke pemilu angkanya selalu diatas 70% sehingga kami yakin bisa mencapai angka 80%,” katanya, kepada pewarta, Kamis (13/10/2016).

Dia mencontohkan, untuk pemilu sekelas nasional saja yang bisa dikatakan sangat rumit bisa mencapai 70% lebih. Padahal, di surat suara Pileg pilihannya lebih rumit dan banyak. Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2017, pihaknya akan lebih total lagi dalam melakukan sosialisasi.

Kedepan, pihaknya akan menyentuh semua elemen masyarakat, termasuk kalangan sekolah yang merupakan pemilih pemula. Bahkan dalam berbagai kesempatan, pihaknya diberi waktu pada upacara-upacara bendera memberikan pemahaman pentingnya Pilkada.

Jauh sebelumnya, klaim Handi, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke beberapa elemen masyarakat seperti kaum disabilitas, komunitas serta kaum buruh.

Perihal pemutakhiran data pemilih terbaru, terang Handi, dari informasi yang Ia terima dari Pokok Kerja (Pokja) Pemutakhiran Data KPU Kota Cimahi, jumlah pemilih di Cimahi mencapai 400.999 lebih.

Jumlah tersebut turun dari pemukatkhiran data sebelumnya yang mencapai 440.000 lebih. Ia membeberka, penurunan jumlah tersebut dikarenakan permaslahan data ganda yang sebelumnya ada sudah mulai bisa dibersihkan.

“Memang ada data ganda karena pemilih sudah pindah tapi masih terdata. Data itu menempel dan dibersihkan, nah yang muncul sekarang 400.000-an,” ujar Handi. (*bwo)


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …