Badan Amil Zakat Nasional Jabar Gelar Pelatihan Penanganan Bencana Alam

Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat menggelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar se-Jawa Barat di Gedung PP PAUDNI, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat menggelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar se-Jawa Barat di Gedung PP PAUDNI, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

POJOKJABAR.com, BANDUNG BARAT – Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat menggelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar se-Jawa Barat di Gedung PP PAUDNI, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin. Pelatihan yang diikuti sekitar 100 peserta ini digelar untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menangani bencana alam.

Menurut Ketua Baznas Jabar Arif Ramdani mengungkapkan, pelatihan tersebut digelar mengingat daerah Jabar rawan bencana alam, seperti longsor, banjir, dan pergerakan tanah. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang tanggap melakukan mitigasi dan penanganan bencana.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat bersama-sama mengurangi resiko bencana ketika terjadi bencana alam di daerahnya,” tutur Arif kepada wartawan di Lembang.

Arif mengatakan, berbagai wilayah di Jabar yang rawan bencana di antaranya Garut, Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan sejumlah daerah di Jabar selatan dan utara. Penanganan bencana penting lantaran wilayah Jabar memiliki penduduk yang paling padat serta rawan bencana.

“Diperlukan penanganan bencana yang lebih terorganisasi, sehingga bisa meminimalkan resiko dan dampak bencana alam,” ungkapnya.

Arif menuturkan, Baznas Jabar terus berupaya mengoptimalkan organisasi penanganan bencana yang dibentuknya. Saat ini, ratusan relawan sudah tersebar di 27 kota/kabupaten di Jabar yang siap terjun membantu para korban bencana alam.

Menurut Arif mengatakan, saat terjadi bencana banjir bandang di Kabupaten Garut beberapa waktu lalu, sejumlah relawan Baznas Jabar juga ikut membantu. Di antaranya, dengan mengatur distribusi bantuan, mengirim penceramah untuk pemulihan trauma para korban, dan memberikan layanan kesehatan.

“Kami juga membantu relokasi penduduk dengan membangunkan rumah dan fasilitas umum, seperti MCK,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar seusai membuka pelatihan tersebut menyambut baik kegiatan itu. Menurut dia, wilayah Jabar memang rawan bencana alam, sehingga penanganan bencana harus terkoordinasikan dengan baik.

“Berbicara bencana, bukan hanya soal bencana itu sendiri. Tapi bagaimana melakukan manajemen bencana dengan baik, seperti distribusi bantuan. Jangan sampai itu jadi masalah baru. Jadi pelatihan ini sangat tepat,” pungkasnya. (bie)


loading...

Feeds

Ilustrasi PJU.

Dishub Kota Cimahi Pasang 367 PJU Baru

POJOKJABAR.com, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi sepanjang tahun ini telah melakukan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) baru sebanyak …