Mobil Dinas Mantan Pejabat Bakal Ditarik Satpol PP

Mobdin

Ilustrasi

POJOKSATU.id,BANDUNG-Satpol PP Kabupaten Bandung mengaku tidak mengalami kesulitan saat diperintahkan menarik sejumlah kendaraan dinas yang masih berada di tangan para mantan pejabat.

“Penertiban terhadap aset yang dimiliki Pemkab Bandung terus dilakukannya sesuai dengan perintah pimpinan dalam hal ini bupati yang mengaku malu akibat disebut FITRA 717 kendaraan dinas di Pemkab Bandung tak jelas keberadaannya,” kata Kasatpol PP Kabupaten Bandung, Usman Sayogi.

Ia mengatakan, termasuk kalau nanti ada tugas baru tentu harus dituntaskan, Yang jelas penarikan kendaraan dinas masih berlangsung. Sejauh ini proses penarikan kendaraan dinas tidak menemui kendala berarti lantaran, mantan pejabat yang masih menguasai kendaraan milik rakyat itu bersifat koperatif.

“Tapi kalau ada mantan pejabat yang membandel. Kami pun siap mengambil langkah tegas. Termasuk melakukan penarikan paksa sampai kami laporkan kepada pihak berwajib dengan dugaan penggelapan aset negara,” ucapnya.

Berdasarkan hasil laporan BPK ini, ada enam OPD yang tidak melaporkan kendaraan dinasnya seperti Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) sebanyak 31 kendaraan, Dinas Bina Marga 45 kendaraan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) 23 kendaraan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) 38 Kendaraan, Sumber Daya Air Pertambangan dan Energi (SDAPE), 20 kendaraan dan yang paling banyak adalah Setda sebanyak 141 kendaraan.

Meski banyak permasalahan dalam inventarisir aset kendaraan, tapi anehnya biaya perawatan yang dikeluarkan dari APBD justru cukup besar. Pada 2013 lalu, Pemkab Bandung telah menghabiskan anggaran sebesar Rp24.487.972.791 untuk pemeliharaan.

Jumlah tersebut, ditambah belanja service dari pagu anggaran sebesar Rp2.591.712.620 telah dihabiskan sebesar Rp2.430.221.229, belum lagi untuk suku cadang yang telah menghabiskan anggaran sebesar Rp3.193.897.291, penggantian accu dan ban sebesar Rp5.630.598.520, sisanya untuk BBM dan jasa KIR. (apt/yaz)

 

Feeds