HTI Tuntut Pembebasan Penjajahan Kolonialisme

HTI

HTI

POJOKSATU.id,BANDUNG-Aksi demontrasi digelar Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di pelataran Gedung Merdeka, terkait pelaksanaan peringatan Konferensi Asia-Afrika, di jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (12/4).

Dalam aksinya, HTI menuntut pembebasan dari bentuk penjajahan kolonialisme. Hal itu dijelaskan koordinator aksi, Agus Handaka. Ia menjelaskan, bentuk dari penjajahan masih terlihat dari negara-negara yang tergabung dalam KAA.

“Kami ingin membangun lagi semangat awal pembentukan KAA. Bentuk penjajahan konolialisme harus di hapuskan,” kata Agus saat diwawancarai di pelataran Gedung Merdeka jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Minggu (12/4).

Selain itu Agus menambahkan, aksinya kali ini juga ingin menuntut lahirnya negara-negara Asia-Afrika baru yang benar-benar terlepas dari segala bentuk penjajahan. Agus menuturkan, sistem penjajahan yang diterapkan berbeda dengan penjajahan dahulu.

Menurutnya bentuk penjajahan yang di lakukan para pihak Asing terhadap negara-negara yang tergabung dalam KAA, bentuk penjajahan di zaman sekarang terlihat dari segi ekonomi, politik dan hal lainnya.

“Salah satu contoh kita masih di jajah, yaitu negara kita sendiri. Kita bisa lihat, bagaimana tambang-tambang minyak di Indonesia, di kuasai pihak-pihak asing,” jelas Agus

Ditanya perihal, apresiasi peringatan KAA, Agus mengakatakan sangat mengapresiasikan KAA ke 60. Akan tetapi pihaknya, meminta untuk peringatan KAA ini, dapat terlahir negara-negara baru yang telepas dari segala bentuk penjajahan. Dalam aksinya kali ini HTI, menurukan kurang lebih 200 relawannya. Kondisi itu membuat macet di sekitaran kawasan jalan Asia-Afrika. (cr6/yaz)

 

Feeds