Wow.. Hotel di Bandung Banting Harga Rp70 Ribu Semalam

Hotel Bandung

Hotel Bandung

POJOKSATU.id, BANDUNG – Persaingan bisnis perhotelan di Bandung Jawa Barat sudah tidak sehat. Sebagian hotel melati atau hotel murah Bandung membanting harga dengan nilai Rp70 ribu semalam. Hal itu terjadi karena beberapa hotel berbintang menawarkan harga sangat murah kepada tamu. Jika hotel melati tak membanting harga, mereka khawatir tidak kebagian tamu.

“Ada kamar Rp150.000. Ada juga kamar isi empat dijual Rp70.000 tanpa sabun, handuk, dan sarapan,” ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar, Kamis (26/3/2015).

Menurut Herman, bisnis perhotelan di Bandung sudah tidak sehat. Semua pengelola hotel ramai-ramai membanting harga agar tetap menjadi pilihan pengunjung. Karena itu, PHRI telah menyurati Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Namun, surat yang disampaikan hampir sebulan lalu itu belum ditanggapi.

Dikatakan Herman, berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan PHRI, jumlah hotel di Kota Bandung mencapai 470 dengan jumlah kamar 23.000. Jumlah ini akan terus bertambah. Sebab, dari izin yang diberikan 2015 ini, jumlah kamar di Kota Bandung akan bertambah 4.000-5.000 kamar.

“Jumlahnya sangat besar. Untuk itu kami meminta pemberlakuan moratorium hotel dulu seperti yang dilakukan Bali, Yogyakarta, dan Surabaya,” tambah Herman.

Herman menambahkan, pembatasan pembangunan hgotel harus dilakukan mengingat persaingan hotel di Kota Bandung sudah tidak sehat. Misalkan dalam hal tarif, banyak hotel bintang yang membanting harga. Itu bisa dilihat di portal penjual kamar hotel seperti Agoda atau Traveloka. Harga yang ditawarkan jauh di bawah rate hotel.

“Hotel bintang lima banting harga, otomatis hotel bintang empat dan tiga, serta hotel murah Bandung terpaksa menekan harga. Bahkan di hotel melati, banyak hotel yang menyewakan kamar tidak sesuai budget,” pungkasnya. (one)

Feeds