Ridwan Kamil Larang PNS Bandung Makan Nasi, Kenapa?

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKSATU, BANDUNG – Walikota Bandung, Ridwan Kamil melarang PNS dan pelajar makan nasi. Larangan tersebut berlaku satu hari dalam seminggu, yakni hari Senin. Progam sehari tanpa nasi itu mulai berlaku Senin (30/3/2015).

“Mudah-mudahan program ini bisa diikuti di level PNS dan sekolah-sekolah. Jadi, sifatnya lebih kepada imbauan dulu,” ujar Ridwan Kami, Minggu (29/3/2015).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, gerakan sehari tanpa nasi itu merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah pusat untuk mengurangi konsumsi beras setiap satu hari dalam satu minggu. Terlebih saat ini Indonesia dilanda krisis pangan yang mengharuskan mengimpor beras.

“Menurut penelitian, kita itu makan 1,5 sampai 2 (porsi nasi) dari Jepang dan Malaysia. Nah, harus bisa dikurangi porsi makan nasi dari biasanya. Kita coba mulai dari PNS dan pelajar dulu,” jelasnya.

Dikatakan Ridwan Kamil, gerakan sehari tanpa nasi ini sengaja dipilih pada hari Senin agar bisa menjadi dorongan kepada masyarakat muslim untuk mulai mengikuti anjuran puasa sunah, Senin dan Kamis.

Sebagai makan alternatif pengganti nasi, pihaknya tengah mencoba mempromosikan beras yang terbuat dari singkong, jagung, dan umbi-umbian. “Gerakan urban farming kan sudah berjalan. Nah, tahun ini kita akan eksperimen menanam padi pada polybag,” pungkasnya. (one)

Feeds